Friday, 24 June 2016

Acer Matot Dan Penyelesaian Nya

Kali ini Kasus Yang terjadi pada laptop acer (komplikasi) 

Laptop : Acer
Kasus   : Matot+HDD tidak Deteck
Konsumen : BBC Ujung Batu

Awal mula masalah pada tangan konsumen adalah Hdd tidak deteck, karna kurang nya skill/pengetahuan pada teknisi tempat service sebelum nya mengakibat kan Hdd tidak deteck menjadi Mati total (Matot). oleh karna itu permasalah menjadi komplikasi (MATOT+HDD tidak Deteck)
Sekali lagi saya tegaskan kepada para pemakai laptop, jika terjadi kesalahan/masalah pada laptop anda, agar tidak sembarangan memilih tempat service. kriteria tempat service :
1. Kenali tempat dan tool (alat-alat) perlengkapan service tersebut. 
2.Apakah Tempat service yang anda pilih memiliki TEKNISI yang handal/Profesional (AHLI). 
3.Jangan buru-buru untuk memilih tempat service. 
4.Jika terjadi kesalahan sedikit saja , maka hal fatal akan terjadi (Laptop anda tidak bisa di perbaiki/ bisa jadi tambah parah)

Nah dalam post kali ini saya akan berbagi tentang Laptop Acer Komplikasi.
penampakan setelah reparasi gan.

Foto di atas adalah setelah mencari kesalahan yang terjadi pada Acer tersebut (MATOT+HDD TIDAK DETECK)
Langkah-langkah kerja sebagai berikut :
1.VALW telah hadir (+19v)
   langkah awal adalah kita cek tegangan VALW. yaitu tegangan setelah konetor adaptor kita colok kan pada jack adaptor ke mainboard. setelah step ini saya lakukan, VALW hadir. jika sudah hadir VALW nya berarti arus +19v  telah masuk.
2.CEK TEGANGAN 3V DAN 5V
   langkah kedua adalah pengecekan tegangan 3v dan 5v. post sebelum  nya saya sudah jelas kan tegangan yang harus ada pada schema mainboard laptop 19v, 3v, 5v. tegangan 3v dan 5v di hasil kan oleh IC. IC type SMD (kalo saya bilang nya IC kaki seribu hehehe).
karena kaki nya yang banyak tentu kita susah dalam mencari tegangan 3v dan 5v nya. cara cepat, kita langsung cek aja pada PL nya. karena PL lah yang menerima tegangan 3v dan 5v nya.
Penampakan kaki seribu (SMD )



nah seperti inilah penampakan nya, hanya setiap merk laptop berbeda pula type nya gan, yang penting nya adalah kaki nya yang banyak.

Untuk penampakan PL nya ini gan.
4. Setelah 3v dan 5v hadir
3v dan 5v aman terkendali gan. setelah itu saya switch power tidak juga bisa. nah mulai mentok nih jurus saya, tapi saya tidak putus asa. saya segera buka schema, dan melihat cara kerja setiap komponen. setelah lama utak-atik scehma semua aman.
5.Flas bios
sempat bingung saat semua sudah normal, dalam hal ini kita harus berhati-hati karna sedikit saja salah perkiraan maka semua nya akan berakibat fatal. unutk menganbil jalan tengah saya coba untuk flash bios. alhamdulillah setelah saya flas bios semua normal dan telah tampil si acer tadi.


Lanjut ke topik kedua karna permasalahan nya komplikasi (HDD TIDAK DETECK)
step by step untuk eksekusi hdd tidak deteck :
saya langsung cek tegangan pada jack hdd di maniboar, biasa nya pada jack hdd terdapat tegangan 3v/5v unutk menjalan kan/ memberi tegangan pada hdd. saat pengecekan pada jack ternyata 3v/5v tidak hadir, maka saya kembali buka kitab hehehe (SCHEMATIC)
setelah liat-liat schema, disana ada IC yang menyalur kan tegangan 3v/5v, nah saat pengecekan disana ternyata IC tersebut tidak berfungsi normal, maka saya ganti IC tersebut dengan IC yang baru. setelah pergantian IC tersebut baru lah HDD yang tadi tidak deteck kembali berjalan normal.
akhir nya Acer yang saya garap sudah SOLVED (OKE)

Jadi inti semua nya adalah kita harus memiliki ketrampilan dasar elektronika dan pembacaan pada schema, untuk download schema anda bisa request DISINI
dan bila anda mau Service Log dari kasus di atas, bila anda berminat boleh kok, saya akan bagi-bagi buat anda, mana tau kasus yang kita hadapi permasalahan yang sama.

Untuk request Service Log nya KESINI AJA

Nah sekian dulu dari saya, semoga buat pembaca bermanfaat dan berguna, lebih dan kurang saya mohon maaf, dalam penulisan atau pemahaman nya.

WASSALAM.